Info Penting

Friday, August 28, 2009

PUASA: mencegah virus

Oleh: Ahmadi
Dengan tubuh yang sehat manusia bisa melakukan apa saja yang sulit dilakukan orang sakit, merealisasikan impian, dan mengerjakan hal yang telah direncanakan.


Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim, tujuannya adalah supaya muslim yang beriman menjadi lebih bertaqwa. Semua muslim mafhum dengan kuliah ini, apalagi kalangan mahasiswa ilmu wahyu, yang notabenenya mumpuni dalam bidang fiqih ibadah seperti ini. Namun masalahnya, adakan mereka sadar adalagi satu kepentingan yang sejalan dengan kepentingan taqwa, yaitu sehat jasmani. Bukankah sehat itu sendiri tujuan puasa juga?Dengan tubuh yang sehat manusia bisa melakukan apa saja yang sulit dilakukan orang sakit, merealisasikan impian, dan mengerjakan hal yang telah direncanakan. Di waktu virus yagn sedang ganas merebak ini, langkah menariknya bila kita simak kiat-kiat berikut untuk menjaga kesehatan kita di bulan puasa.




1. Makan sahur


Karena kesehatan dan tenaga itu berasal dari makanan, dan makan itu dilakukan ketika sahur, maka kita tidak mempunyai pilihan untuk tidak sahur, demikian kalau sehat menjadi prioritas kita. Dengan sahur kita akan mempunyai tenaga lebih dari yang tidak sahur, dengan demikian produktivitas kita bisa dikekalkan seperti waktu tidak berpuasa.

2. Minum air


Jangan dikira kalau kebutuhan air dalam tubuh kita menurun karena puasa, justru lebih dari itu. Kehidupan normal, tubuh kita membutuhkan minimal 2 liter satu hari atau 8 gelas. begitu juga dengan bulan puasa. Kalau anda punya masalah dengan perhitungan air yang 2 liter sehari ini, caranya: hitunglah dengan menggunakan botol air mineral yang kecil (500 ml). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda hanya perlu mengalikannya dengan angka 4. Pastikan dalam senggang waktu dari buka ke sahur, anda menghabiskan 4 botol air putih. (tidak harus belil, isi ulang saja).



3. Tidur yang cukup


Pandai-pandailah untuk menghitung dan menambahkan durasi tidur anda. Cukupkan 6 jam sehari semalam. Ingat, kurang tidur akan melemahkan sistem kerja otak, apabila otak sudah lemah, metabolisme tubuh kita juga melemah, konsekuensinya imun kita juga akan melemah dan sangat rentan ditulari virus. Jangan kawatir, asalkan tugas tidak terbengkalai, tidurlah atas nama kesehatan. apalagi waktu berpuasa, tidur akan membawa pahala dengan tujuan menghindari rusaknya pahala puasa.



4. Jaga menu makanan


Sebagai mahasiswa yang bijaksana, tentunya kita sangat arif dalam memilih makan. Jadikan makanan sehat jadi prioritas no 1, soal enak biarlah no 13. Bisa jadi hal yang anda sukai enaknya itu tidak baik bagi anda, juga barangkali anda tidak menyebutnya enak karena anda tidak terbiasa dengan makanan itu. Dari itu, biasakanlah memilih makanan yang sehat. Lagi-lagi agama menuntut kita untuk mengkonsumsi makanan yagn halal lagi baik (baik untuk kesehatan).



5. Kurangi minum es


Poin no 5 ini sangat erat hubungannya dengan no 4, hanya ini ada spesifikasi. Memang sangat nikmat untuh berbuka dengan es, tapi batasilah minumnya. Ini demi kesehatan anda, (lagi-lagi atas nama kesehatan). Penyanyi Siti Nurhaliza menghindari es untuk suaranya, sebenarnya lebih dari itu. Menjauhi es membantu kita menghindari barbagai penyakit seperti demam, sakit kepala, batuk, nyeri tulang (reumatik) dll yang kesemuanya ini mengganggu kita dalam berakitivitas.



Demikian, ternyata makan sahur, minum air, tidur yang cukup, menjaga menu makanan dan menjauhi es dapat menjaga kita tetap sehat di bulan puasa ini. jangan sampai momen puasa yang seharusnya adalah momen untuk memperebut pahala dan mengumpul ilmu jadi bulan-bulanan waktu untuk ke klinik atau di tempat tidur. Alangkah ruginya kalau kita tidak punya energi untuk mengejar target Ramadhan kita, padahal kiat-kiat itu sangat mudah. Berdoa supaya Yang Maha Kuasa selalu menjaga kita.

0 comments:

Post a Comment

Kepada rekan-rekan yang kami hormati,Silahkan berkomentar dengan baik dan Sopan di form Komentar dibawah ini, karna kita sama-sama tahu kalau setiap panca indra yg kita miliki akan di mintai pertanggung jawaban kelak di akhirat nanti, O ya Klo rekan-rekan sekalian berkenan memberikan Komentar jangan lupa Kasih identitas,at-list Nama Anda, and jangan anonymous melulu!!!! , Terimah kasih sobat...

 

Komentar Terbaru

Ikmalaysia Followers